Subscribe:

Pages

Minggu, 11 Desember 2011

Kalori Dibalik Minuman Kesukaan Anda

Kalori Dibalik Minuman Kesukaan Anda > Berbagai macam minuman segar dan hangat kini sudah semakin ramai dijual di pasaran, dari mulai produk dalam negeri hingga dalam negeri sangat laku dijual. Memang banyak pilihan tersedia, tapi simak dulu topik yang satu ini. Mungkin setelah membacanya Anda bakal berpikir ulang tentang apa minuman favorit Anda :) .

Pernahkah terpikir berapa kalori yang terkandung dalam minuman Anda? Sekilas mungkin bukan sesuatu hal penting untuk dicermati, tapi Anda harus tahu fakta yang ada. Pada setiap makanan dan minuman selalu terkandung berapa jumlah kalori dalam variasi yang berbeda. Kalori adalah satuan ukuran tenaga atau energi yang disuplai dari makanan, juga disebut dengan Kilokalori (Kal).

Pada prinsipnya harus ada keseimbangan antara kalori yang masuk ke tubuh dengan aktivitas yang dilakukan. Jika tidak maka kelebihan kalori akan disimpan oleh tubuh, dan pada akhirnya membuat berat badan semakin bertambah.

Simak beberapa bahasan kalori yang ada pada jenis-jenis minuman seperti dibawah ini

• Minuman Jus Buah
Jus buah yang bagus bila bahan dasarnya dari 100% buah alami. Lebih baik jika Anda selalu mengamati berapa kadar buah pada kemasan minuman jus buah. Pilih yang 100% buah asli, jangan hanya jus dengan perasa buah, atau sirup yang mengandung rasa buah-buahan. Jus jeruk dengan isi 250 ml setara dengan 3 atau 4 potong buah, namun berbeda dengan konsumsi asli buah segar. Pengkonsumsian buah segar secara langsung lebih memberikan rasa kenyang daripada minuman jus buah. Jus buah memang banyak mengandung vitamin dan mineral, tetapi tidak disarankan mengkonsumsinya setiap kali anda haus. Tahukan Anda? Pada setiap takaran 200 ml jus dengan bahan tomat mengandung 48 kalori, bahan Grapefruit tanpa pemanis mengandung 73,2 kalori, dari apel 93.6 kalori, jeruk segar yang diperas 76.8 kalori, sayuran 40.8 kalori, dan wortel mengandung 64.8 kalori.

• Minuman Jenis Smoothies
Minuman dengan bahan dasar susu dan yoghurt ini kayak kalsium, vitamin, mineral, fitokimia, dan zat gizi yang lain. Minuman ini bisa jadi makanan yang lengkap, tetapi tidak akan bertahan lama mengatasi rasa lapar. Tidak banyak kandungan serat didalamnya, dan tidak perlu untuk menguyahnya sedangkan aktivitas menguyah merupakan bagian penting untuk membantu Anda merasa kenyang. Smoothie kemasan 150 ml mengandung 105,6 kalori, kemasan botol 250 ml 132 kalori, dan jus pisang smoothie kemasan 650 ml mengandung 480 kalori.

• Minuman Ringan Berkabonasi
Minuman jenis ini mengandung kalori tinggi namun tanpa kandungan gizi yang menyertainya. Justru kadar gulanya sangat tinggi, kemasan 375 ml bisa mengandung 8-13 sendok teh gula. Sekalipun dibuat dalam kemasan diet, minuman ini sangat rentan mengancam risiko gangguan pada gigi. Tertarik juga dengan minuman berkarbonasi plus buah didalamnya? Jangan salah, kadar gula akan tetap tinggi dan kadar buahnya hanya berada diurutan terakhir. Minuman seperti ini hanya sekedar cocok untuk pesta, bukan pilihan jitu untuk konsumsi sehari-hari. Pastikan minum air putih setelah Anda mengkonsumsi jenis minuman ini. Minuman berkarbonasi dengan kemasan 250 ml seperti cola mengandung 110.4 kalori, lemon dengan sedikit rasa pahit 132 kalori, lemon, lime, soda 110.4 kalori, Ginger beer 120 kalori, lemonade 250 kalori, air tonik 250 ml kalori, air mineral dengan rasa mengandung 96 kalori.

• Minuman Kopi dan Teh
Yang jelas mimunan ini biasanya pasti dicampur dengan gula yang mengandung kalori cukup tinggi. Untuk kopi lebih baik dicampur dengan susu skim untuk mengurangi asupan kalori, dan biasakan minum teh asli tanpa gula. Kopi latte dengan susu penuh lemak, percangkir mengandung 130.8 kalori. Pemakaian dengan susu skim 80.4 kalori. Es kopi dengan susu penuh lemak, es krim, dan krim percangkir 250.8 kalori. Coklat panas dengan susu penuh lemak per cangkir 200.4 kalori. Frappucino 480 ml mengandung 207.36 kalori. Teh dengan susu penuh lemak tanpa gula 12 kalori, sedangkan es teh siap minum per cangkirnya mengandung 76.8 kalori.

• Minuman Khusus Sehabis Olahraga
Hari-hari ini sedang populer minuman dengan tambahan vitamin, perasa, gula dan lainnya. Biasanya minuman ini mengandung glukosa dan elektrolit dan biasa dikonsumsi setelah selesai beraktivitas dengan mengeluarkan keringat yang banyak. Kebanyakan minuman ini hadir dalam kemasan yang besar, sehingga secara tidak sadar meminumnya dalam jumlah langsung besar. Minuman ini juga tidak bebas dari kalori. Lebih baik tetap membiasakan diri untuk minum air putih sehabis aktivitas, itu jauh lebih baik. Sedikit perasan jeruk nipis atau lemon mungkin bisa membuat air putih sedikit nikmat. Kandungan Kalori dalam Gatorade 600 ml 151.2 kalori, sedangkan kratingdaeng 250 ml mengandung 120 kalori.

• Minuman Beralkohol
Biasanya menemani saat hangout atau clubbing dengan teman-teman. Ditemani snack ringan seperti kacang-kacangan akan membuat anda tanpa sadar sudah meminumnya bergelas-gelas dan akhirnya memabukkan. Lebih baik minum air mineral dengan efek sparkling sebagai ganti minuman beralkohol atau gin dengan tonik diet, atau scocth dengan soda. Pilihan tersebut bisa mengurangi 96 kalori per minuman. Atau pilih anggur merah yang setidaknya memiliki manfaat antioksidan. Berikut kandungan kalori yang ada pada beberapa minuman beralkohol. Anggur putih merah 120 ml mengandung 90 kalori. Sampanye 120 ml mengandung 85.2 kalori. Anggur dingin 150 ml mengandung 120 kalori, begitu juga rum dan cola pada takaran yang sama. Jika colanya khusus cola diet mengandung 69.6 kalori. Sedangkan gin dan tonik 150 ml mengandung 110.4 kalori.

Nah, berhati-hatilah dalam memilih minuman kesukaan anda . Kesehatan tidak akan dirasakan oleh orang lain namun oleh diri anda sendiri.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar