Subscribe:

Pages

Rabu, 18 Januari 2012

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat Kimia

Solusi Tepat Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Secara Alami

cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat kimiaDalam istilah kedokteran LDL mungkin sudah tidak terdengar asing lagi, apalagi bagi mereka yang punya masalah akan tingginya kadar LDL (kolesterol jahat) pada pembuluh darah. Selain menyebabkan obesitas kolesterol jahat juga merupakan penyebab datangnya penyakit lain seperti jantung, diabetes, hipertensi dll.

Untuk menurunkan kolesterol jahat mungkin sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakan cara yang instan melalui pengobatan medis obat kimia, namun apakah ada cara menurunkan kolesterol jahar tanpa obat kimia ? Mari kita simak penjelasan beeikut ini.

Inilah Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat Kimia

Pada semua pasien penderita kolesterol tinggi dokter akan memberikan obat, obat yang disarankan memang tidak dapat menyembuhkan secara total hanya dan tidak bertujuan untuk meruabah pola hidup sehat. Berikut ini adalah tips yang mungkin bisa ikuti dalam kehidupan sehari-hari :

1) Turunkan berat badan bila anda kegemukan. Dari hasil perhitungan tinggi badan dan berat badan diatas, kami menilai anda tidak termasuk dalam kategori kegemukan. Meskipun demikian ada baiknya Anda tetap mempertahankan berat badan ideal anda dengan makan makanan yang sehat.

  • Rendah lemak. Batasi semua jenis lemak, termasuk lemak jenuh (minyak kelapa, mentega, santan, keju dan lemak hewani (sapi,kambing) dan gantikan dengan lemak tidak jenuh (minyak zaitun, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak kelapa sawit, minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang tanah, minyak biji bunga matahari dan minyak ikan)
  • Rendah kolesterol. Kolesterol hanya ada pada produk hewani, sebagian besar pada jeroan (usus, babat, otak, limpa, dll), kuning telur, sea food ( udang, cumi, kerang, kepiting) dan lemak hewani. Batasi penggunaan bahan makanan yang mengandung kolesterol rata- rata maksimal 250 mg/hari.

2) Makan lebih banyak serat dan hindari minuman beralkohol. Serat banyak terdapat pada havermouth, sereal, buah dan sayuran, kacang panjang dan semua jenis kacang-kacangan dalam jumlah terbatas dapat membantu menetralisir kadar kolesterol dalam darah anda.

3) Jangan merokok

4) Olah raga. Kurangnya olah raga berhubungan langsung dengan rendahnya kadar kolesterol HDL. Coba lakukan olah raga secara rutin sedikitnya 30 – 45 menit / hati sebanyak 5 kali per minggu. Seperti ; jalan santai, berenang atau bersepeda.

5) Obat-obatan. Jika kadar kolesterol anda cukup tinggi, biasanya dokter memang akan memberikan obat untuk segera menurunkan kolesterol anda. Tapi ingat, obat tidak bertujuan merubah pola hidup yang sehat.

Tips lainnya:

  • Batasi makanan / minuman yang terlalu manis
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya akan air
  • Batasi penggunaan garam dan hindari penggunaan penyedap rasa serta makanan yang diawetkan dengan garam.

Seperti itulah cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat kimia. Perlu diketahui, target kolesterol yang perlu dicapai berdasarkan risiko individual bervariasi. Bagi penderita dengan risiko sangat tinggi (mengalami infark miokard baru –baru ini atau ada riwayat infark miokard / unstable angina /stable angina/pernah melewati prosedur angioplasti atau operasi bypass yang ditambah dengan manifestasi klinis penyakit aterosclerosis non koroner (peripheral arterial diseases, aneurisma aorta, dll), diabetes dan atau metabolik sindrom, target LDL yang harus dicapai adalah <70 mg/dL.

Sedangkan target kolesterol LDL untuk penderita dengan risiko tinggi saja (riwayat infark miokard/unstable angina/stable angina/pernah melewati prosedur angioplasti atau operasi bypass atau adanya manifestasi klinis penyakit aterosclerosis non koroner (peripheral arterial diseases, aneurisma aorta, dll), diabetes dan atau metabolik sindrom, targetnya  adalah < 100 mg/dL, risiko sedang-tinggi (2 + faktor risiko merokok, hipertensi,HDL rendah, riwayat keluarga dan usia adalah < 130 mg/dL (optional < 100) risiko sedang < 130 mg/dL dan risiko rendah target LDLnya < 160 mg/dL.

Dari penjelasan diatas dapat anda ambil hikmah dan manfaatnya, memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan dambaan semua orang. Satu-satunya cara Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat Kimia yang paling ampuh yaitu menjalani pola hidup sehat anda. Sayangi diri, tunjukan kebaikan diri anda dengan mengawali gaya hidup sehat anda.

Artikel lainnya yang bisa anda baca :

0 komentar:

Posting Komentar